Macam-macam Jaringan Seluler dan pengertiannya

Dizaman serba canggih ini, hampir seluruh orang tidak bisa terlepas dari yang namanya internet. untuk sekedar pengetahuan, apa pengertian dan fungsi dari jaringan-jaringan internet tersebut?
Macam-macam Jaringan Seluler dan pengertiannya
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kali ini saya akan membagikan artikel tentang pengertian jaringan internet dan seluler.

GPRS / G

GRPS adalah singkatan dari Global Package Radio Service, Di indonesia jaringan ini diperkenalkan pada tahun 2001. GPRS juga disebut teknologi 2.5G yang merupakan upgrade dari 1G dan 2G sebelumnya.
kecepatan transfer jaringan GPRS ini mecapai 50 kbit/s

EDGE / E

EDGE adalah singkatan dari Enhaced Data rates for Gsm Evolution. adalah teknologi evolusi dari GSM dan IS-136. jaringan ini juga disebut jaringan 2.75G, teknologi EDGE mampu mendukung data, layanan multimedia hingga 384 kbps, merupakan sebutan baru buat GSM 384, teknologi ini karena memiliki kemampuan transmisi data hingga 834 kbps.

3G 

3G adalah singkatan dari Third-Generation tchnology, merupakan sebuah standar yang ditetapkan oleh International Telecommunication Union (ITU) yang diadopsi dari IMT-2000 untuk diaplikasikan pada jaringan seluler, teknologi 3G juga disebut Mobile Broadband karena keunggulan sebagai modem untuk internet yang bersifat portable/ jaringan tanpa kabel. jaringan 3G merupakan jaringan yang memiliki kecapatan data lebih cepat dan ringan. teknologi UMTS sendiri mampu mengirim data dengan kecepatan paling sedikit 200 kbps.

HSDPA

HSDPA adalah singkatan dari High-Speed Downlink Packet Access. HSPDA disebut juga teknologi 3,5G. HSPDA merupakan evolusi dari standar W-CDMA dan dirancang untuk meingkatkan kecepatan transfer data 5x lebih tinggi. HSPDA memiliki dua fase, fase pertama berkapasitas 4,1 Mbps dan kemudian menyusul fase kedua dengan kapasitas 11Mbps dan kapasitas maksimal downlink peak data rate hingga mencapai 14Mbps. HSPDA pertama kali diperkenalkan di jepang.

HSUPA
HSPUA adalah singkatan dari High-Speed Uplink Packet Access (HSUPA) adalah protokol telpon genggam 3G dalam keluarga HSPA dengan kecepatan unggah/"uplink" hingga 5.76 Mbit/s. Nama HSUPA diciptakan oleh Nokia. 3GPP tidak mensupport istilah 'HSUPA', sebagai gantinya digunakan istilah Enhanced Uplink (EUL).
HSUPA merupakan protokol ponsel yang mendongkrak uplink data dari perangkat ke server yang disebut dengan proses upload yang mencapai kecepatan 5,76Mbp/s

HSPA dan HSPA+
HSPA adalah singkatan dari Hight-Speed Packet Access, HSPA merupakan hasil pengembangan teknologi 3G gelombang pertama, Release 99 (R99). Sehingga HSPA mampu bekerja jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan koneksi R99. Terkait jaringan CDMA, HSPA dapat disejajarkan dengan Evolution Data Optimized (EVDO) yang merupakan perkembangan dari CDMA2000.teknologi ini data bisa dikirim dengan kecepatan hingga 14,4 Mbp/s.
Sedangkan HSPA+ atau disebut juga Evolusi HSPA adalah teknologi standar pita lebar nirkabel yang akan hadir dengan kemampuan pengiriman data mencapai 42 Mbit/s untuk downlinkdengan menggunakan modulasi 64 QAM dan 11 Mbit/s untuk uplink dengan modulasi 16QAM. Pengembangan lainnya pada HSPA+ adalah tambahan penggunaan antenaMultiple Input Multiple Output (MIMO) untuk membantu peningkatan kecepatan data. HSPA+ memberikan pilihan berupa arsitektur all-IP (Internet Protocol) yang dapat mempercepat jaringan serta lebih murah dalam penyebaran dan pengendaliannya. Sampai Agustus 2009, terdapat 12 jaringan HSPA+ di dunia dengan kecepatan downlinkmencapai 21 Mbit/s. Pelopornya adalah Telstra di Australia pada akhir 2008. Sedangkan jaringan untuk kecepatan 28Mbit/s telah hadir untuk pertama kalinya di dunia dengan Italia sebagai negara perintisnya.

4G
4G adalah singkatan dari Fourth-Generation Technologi. istilah ini umum digunakan pad standart generasi keempat dari teknologi telepon seluler. 4G merupakan pengembangan dari teknologi 2G dan 3G. terdapat dua standart untuk 4G yang dikomersilkan didunia yaitu standar WiMAX( Korsel sejak 2006) dan standar Long Term Evolution (LTE) (swedia sejak 2009).
Dengan jaringan ini, data bisa dikirim dengan kecepatan maksimal 1 Gbp/s.

Itulah tadi artikel tentang macam-macam jaringan seluler dan pengertiannya, semoga bermanfaat.

0 Response to "Macam-macam Jaringan Seluler dan pengertiannya"

Post a Comment